BMW X5 diluncurkan di Indonesia

Pasar Indonesia hanya menyerap 520 unit BMW X5 generasi pertama dari 616,867 unit yang terjual di seluruh dunia sejak 1999. Selarik tipis kontribusi itu tidak menurunkan hasrat BMW untuk segera meluncurkan generasi kedua Sport Activity Vehicle itu di Indonesia, yang juga jawara segmen luxury SUV di Indonesia.

Dua model sekaligus diperkenalkan di Indonesia yaitu X5 3.0si dan X5 4.8i dan keduanya merupakan 7-seater, berbeda dari pendahulunya yang 5-seater.

Model terbaru ini menyimpan sebagian besar perubahannya dibalik ubahan ekterior yang evolusif. Hadir lebih panjang 180mm dan lebih lebar 68mm. juga wheelbase lebih panjang 113mm jadi 2933mm dimana penumpang second row mendapat tambahan ruang 40mm. Material baru interior yang lebih berkualitas, lebih mewah, ekslusif menyusun interiornya. Juga warna-warna baru. Dilengkapi pula dengan DVD system, 4-zone climate control, glove compartment diatas dan gear selector yang menggerakan transmisi otomatis secara elektronis dan sangat simple pengoperasiannya.

Dibekali mesin baru yang lebih bertenaga sekaligus lebih irit. X5 3.0si mengusung mesin enam silinder terbaru yang dilengkapi teknologi valvetronic menghasilkan output 272hp (dulu 231 hp) dan torsi maksimum 315Nm pada 2750rpm. Akselerasi 0-100 dalam 8.1 detik dan top speed 225km. Mesin ini 10kg lebih ringan dari yang dulu, dibuat dari paduan aluminium dan magnesium dengan konsumsi bahan bakar 10.9liter/100km (dulu 12.9liter/100km).

Sedangkan mesin V8 pada X5 4.8i menghasilkan 335hp (sebelumnya 320hp), torsi 475Nm pada 3400 – 3800 rpm dan akselerasi dalam 6.5 detik dan top speed 240km/jam. Konsumsi bahan bakar 12.5 liter/100km lebih hemat 5% dari generasi sebelumnya 13.1liter/100km. Kedua mesin dipasangkan dengan transmisi 6-speed yang mampu mempersingkat waktu perpindahan hingga 50% dibandingkan transmisi matik konvensional. Sistem ini menghasilkan kinerja lebih sporti dan lincah plus nyaman dan efisien pada kecepatan rendah.

Kelebihan yang ditonjolkan PT BMW Indonesia tidak hanya itu. X5 baru ini dirancang lebih lincah dari sebelumnya berkat koordinasi lebih baik antara sistem penggerak rodal all wheel drive xDrive, Dynamic Stability Control (DSC) dan engine management. Ketiganya dikendalikan melalui Integrated Chasis Management yang mengharmoniskan distribusi tenaga dan intervensi rem pada masing-masing roda. DSC baru mengoptimalkan pengereman baik pada kondisi panas ataupun basah (ada fitur Regular Dry Braking yang diaktifkan oleh rain sensor). X5 baru juga dilengkapi parking brake yang bekerja secara elektromekanis ataupun hidrolis hanya dengan menekan tombol dikabin. DSC baru juga dilengkapi fitur starting assistant yang mencegah mobil mundur saat mesin dinyalakan di tanjakan.

BMW memberi perhatian besar bagi penghuni kabinnya yang tak ternilai harganya.BMW X5 baru memiliki airbag depan, pinggul/thorax dan curtain airbag. BMW X5 merupakan SUV pertama dengan ban run-flat tire generasi ke empat yang memiliki konstruksi lebih kuat. Pada saat ban bocor sama sekali, mobil masih bisa meluncur hingga 150km dengan kecepatan 80km/jam. Fitur cornering light memperbaiki tingkat keamanan berkendara di malam hari. Bila sistem mendeteksi mobil akan berbelok, secara otomatis reflektor pada fog light akan menerangi sisi jalan. Selain itu dilengkapi 2 level Brake Force Display. Fender menggunakan thermo-plastic yang aman untuk pedestrian. Sedangkan bagian belakang menggunakan high dan ultra-high strength steel untuk memaksimalkan kekuatan terhadap benturan.

Dua tempat duduk tambahan di baris ketiga dirancang untuk anak-anak dan mereka yang tinggi tubuhnya kurang dari 1.70cm. Posisinya tepat di atas sumbu roda belakang, posisi paling aman jika ada benturan samping. Dilengkapi dengan sistem entertainment berupa HiFi System Profesional dengan 16 speaker, BMW Professional Radio dengan CD-ROM drive, MP3 decoding dan CD Charger untuk 6 CD. Untuk menambah kenyamanan adalah monitor 8.8 inch dengan TV tuner, AC otomatis dengan kontrol individual pada masing-masing penumpang, panoramic glass roof serta multi function steering wheel berbalut kulit.

BMW X5 3.0si menggunakan alloy wheel 255/50 R18 sedangkan versi 4.8i menggunakan alloy wheel 255/50 R19. Harga untuk 3.0si 4.8i adalah 1.248 juta dan 1.758 juta, on the road Jakarta. 4.8i juga dilengkapi fitur-kenyaman lebih tinggi seperti active steering, adaptive headlight, DVD bagi penumpang belakang dan head up display.

~ by The Owner on May 22, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: