LX570, SUV terbaik Lexus

Ingin kenyamanan sedan LS460 dengan kekuatan dan ketangguhan Toyota Land Cruiser 200? Siapkan saja Rp 1.85 miliar, Lexus Indonesia akan memberikan SUV Lexus LX570.

Mahalkah? tentu saja itu relatif. Bagi Pengurus Yayasan Lembaga Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (YL GN-OTA), satu mobil itu sama artinya memberi kesempatan kepada 15,416 anak SD bersekolah satu tahun. Tapi bagi petinggi Toyota, itu harga yang bagus untuk sebuah premium SUV. “Land Cruiser 200 saja sudah Rp 1.7 miliar,” ujarnya.

Nyatanya, Indonesian Lexus harus mendatangkan SUV ini dua kali lipat dari kuota. Semula Indonesia hanya mendapat jatah 30 unit selama setahun. Saat diperkenalkan secara resmi, Selasa (25/3), 7 unit sudah terkirim dan masih ada 33 unit yang dipesan. “Sekarang kami sedang berjuang untuk mendapatkan tambahan lagi, setidaknya 60 -70 unit untuk tahun ini,” kata Johnny Darmawan, Indonesia Lexus principal saat peluncuran model ini di Jakarta.

Toyota Motor Corp. sebagai produsen Lexus LX570 menilai Indonesia sebagai salah satu pasar terpenting di Asia Tenggara. Debut internasional Desember 2007 dan dipasarkan di USA Januari. Maret sudah ada di Jakarta. Jadi konsumen Indonesia termasuk yang diprioritaskan. Untuk kasawan Asia Pasifik baru diluncurkan di Taiwan, Brunei dan Indonesia. Singapore, Australia dan New Zealand masih menunggu giliran. Ini upaya memperkuat brand Lexus di Indonesia. Tentu saja juga karena potensi pasar yang cukup kuat.

Untuk pasar Indonesia, Lexus LX570 didatangkan utuh dari Jepang -dibuat di Tahara Plant, satu dari dua pabrik LX570 di dunia-. Di pasar premium SUV Indonesia, LX 570 memiliki mesin paling besar, 5.7 liter V8 bensin yang produksi torsinya sangat mengesankan, 530Nm/4000rpm. Sementara daya maksimal yang dihasilkan 270kW/5600rpm. Mesin canggih ini dikontrol secara elektronis, termasuk untuk mendapatkan kondisi equilibrium antara power maksimal, konsumsi bahan bakar efisien dan emsi gas buang rendah. Pasangan kerjanya adalah transmisi 6-speed sequential.

Crawl Control

Yang menarik adalah teknologi sasisnya. Lexus mengedepankan fitur Active Height Control (AHC) dan Adaptive Variable Suspension (AVS). AHC bisa menaik-turunkan mobil menyesuaikan kondisi medan. Saat di jalan raya, diturunkan agar stabil dan aerodinamis. Di medan off-road di tinggikan supaya tidak mentok ke gundukan tanah.

Sistem serupa juga ada di merk lain. Bedanya, Lexus menggunakan sistem hidrolis sedangkan Audi lebih percaya pada air suspension yang comfort. Selain itu rentang naik turunya lebih mengesankan Lexus LX570. Dalam rilisnya disebut bisa menaikkan body mobil hingga 7.6 cm sedangkan Audi Q7 6cm. Pada LX570, untuk menaikkan body mobil lebih lama daripada menurunkannya.

Fitur lain yang ditawarkan adalah kemampuan merendahkan body saat penumpang naik turun dan kembali keposisi normal saat pintu ditutup. AVS membantu mengurangi limbung. Jadi saat AHC menaikkan body mobil, otomatis AVS memerintahkan suspensi jadi lebih keras agarmobil tidak limbung. Saat mobil diturunkan, suspensi jadi lebih lembut agar perjalanan lebih nyaman.

Fitur lain yang ditonjolkan adalah Crawl Control. Berguna di medan sulit. Dengan mengaktifkan fitur ini, pengemudi sudah tidak perlu memikirkan gas, rem, soal transmisi, semuanya diserahkan pada mobil. Pengemudi cukup konsentrasi pada setir saja. Ada tiga pilihan kecepatan yang bisa disetel yaitu 1km/jam, 3km/jam dan 5km/jam.

Memanjakan panca indra

Kalau anda sempat masuk ke interior SUV ini, anda mungkin akan digoda dengan perangkat audio kelas atas, Mark Levinson dengan 19 speaker, 7.1 channel surround sound. Mungkin anda akan disuguhi potongan film Hero dimana tokoh utamanya menunjukkan keahliannya memainkan pedang. Nah, gerakan pedang, gerakan tubuh, kelebat pakaian, denting bilah pedang, gemericik arak dalam cawan, gemeretak kayu, semua terdengar membahanya dalam kabin. Penumpang depan dan belakang mendapat kenikmatan serupa. Tidak berlebihan bila dikatakan seperti berada dalam gedung theater dengan kualitas akustik nomer satu. Bedanya mata anda hanya memelototi gambar di layar selebar 9 inch yang tergantung di langit-langit.

Bukan cuma mata dan telinga yang dimanja. Indra perasa tidak dilupakan. Ada empat zona pendinginan yang bisa disetel dengan suhu berbeda. Plus 28 outlet AC disekujur interior, lebih banyak dari LS460 yang hanya 20 outlet. Duduk didalamnya seperti terpisah dari lingkungan sekitarnya. Suara dari luar seperti kesulitan menelusup masuk. Posisi duduk yang tinggi, memberi rasa aman, terlindung dan membuat dagu terangkat.

Keindahan interior juga disumbangkan hiasan kayu dari pohon Bubinga. Satu pohon Bubinga- yang hanya ada di Afrika- harus ditebang untuk menghiasi interior satu unit LX570. Karena itu, tekstur hiasan kayu setiap unit LX memiliki irama yang seragam dan unik.

~ by The Owner on May 22, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: