Rahasia teknologi Honda FCX Clarity

Sejarah menuturkan, Honda Motor Co. sejak 40 tahun lalu tanpa jeda mengabdikan daya upanya mengurangi efek buruk mobil terhadap lingkungan. Dan yang membedakan dari lainnya, Honda selalu berada di depan. Mulai dari mesin mungil CVCC yang melambungkan Civic dan Accord di era 70-an, lalu teknologi katup yang membuat Honda NSX menjadi supercar (80-an) yang dihormati, Insigh hybrid di akhir 90-an dan Kamis (14/11) Honda FCX Clarity berteknologi fuel cell diperkenalkan di Los Angeles Auto Show 2007.

Honda FCX Clarity merupakan versi produksi dari Honda FCX Concept dan akan dipasarkan mulai musim panas 2008. Lebih kuat dengan daya jelajah lebih jauh dibandingkan versi konsepnya. Honda juga membuatnya lebih ringan dan efisiensi lebih baik.

Honda merencanakan meluncurkan model ini secara ekslusif di Southern California yang memiliki infrastruktur pengisian bahan bakar hidrogen paling banyak, setidaknya di USA. Fasilitas pengisian bahan bakar hidrogen direncanakan dibanyak tempat di USA dan Eropa.

FCX Clarity memproduksi daya maksimal 134 horsepower dan torsi 189 ft-lb. Honda tidak menjualnya tapi menyewakan, $600 perbulan. Harga itu termasuk perawatan dan asuransi tabrakan.

Rahasianya mengayam pembuluh

Mobil berteknologi fuel cell menggunakan bahan bakar hidrogen. Lewat reaksi kimia dengan oksigen di fuel stack dihasilkan energi listrik dan air. Listrik dikirim ke battery untuk mengerakkan motor listrik, air dikeluarkan. Tambahan energi listrik dihimpun lewat konversi energi kinetik dari pengereman atau perlambatan mobil.

Honda mengembangkan teknologi V Flow stack yang mampu menghasilkan output hingga 100kW dengan ukuran lebih kecil dan lebih ringan dibandingkan fuel cell stack Honda sebelumnya. Kuncinya adalah struktur cell yang baru. Struktur baru itu mengalirkan hidrogen dan udara secara vertikal dan gaya gravitasi digunakan untuk membantu mengluarkan (drainage) air lebih cepat dari lapisan pembangkit listrik. Hasilnya adalah proses pembangkitan energi listrik lebih stabil. Selain itu, mobil juga bisa dihidupkan hingga suhu -30 celcius (salah satu kelemahan mesin fuel cell sebelumnya adalah sulit dihidupkan di udara dingin). Struktur baru ini juga memungkinkan dalamnya cerukan tempat air mengalir dikurangi 17% yang memberi kontribusi besar untuk menghasilkan cell lebih tipis dan lebih kompak.

Pembuluh tempat mengalirnya hidrogen dan udara saling menyisipi seperti teranyam dengan pembuluh yang mengalirkan cairan pendingin. Teranyam seperti itu menurut Honda menghasilkan panjang aliran lebih besar daripada susunan pembuluh yang lurus. Selain itu menghasilkan gerakan turbulen dalam pembuluh yang memperbaiki distribusi hidrogen dan udara. Hasilnya, udara dan hidrogen tersebar lebih merata seluruh lapisan elektrode, sehingga lapisan pembangkit listrik bekerja lebih efisien. Data Honda, proses pembangkitan energi listrik lebih tinggi 10% dibandingkan bila menggunakan pembuluh lurus.

Pembuluh coolant yang bergerak horizontal menghasilkan pendinginan lebih baik diseluruh lapisan pembangkit energi listrik. Ini menghemat jumlah lapisan pendingin hingga separuh dibandingkan fuel stack sebelumnya. Jika fuel stack sebelumnya memiliki satu lapisan pendingin ditiap cell, pada fuel stack baru ini cukup satu pendingin untuk tiap dua cell. Ini menyumbangkan 20% dalam memangkas pangjang stack dan 30% dalam mengurangi bobotnya. Inilah terobosan besar dalam disain fuel stack yang kompak dan ringan.

Jauh lebih menarik

Dibandingkan pendahulunya, FCX Clarity memiliki banyak kemajuan. Yaitu fuel economy meningkat 20%. Bila dibandingkan mobil setara dengan mesin bensin konvensional, bisa 2 – 3 kali lebih irit.dan 1.5 kali lebih irit dibandingkan hybrid. Daya jelajahnya meningkat 30% jadi 430km. Rasio power-to-weight meningkat 120% karena pengurangan bobot sistem penggerak fuel cell (fuel cell powertrain) hingga 180kg, padahal dimensi mobil lebih besar. Ukuran fuel cell powertrain susut 45%. Battery lithium ion baru 40% lebih ringan, 50% lebih kecil dibandingkan FCX Concept. Tangki hidrogen dengan kapasitas 5000psi memuat 10% lebih banyak hidrogen.

Bagi Honda, FCX Clarity lebih dari sekedar kendaraan fuel cell. Mobil ini menunjukkan visi Honda terhadap disain mobil masa depan, lepas dari kungkungan akibat teknologi mesin konvensional. Hadir dengan sosok sedan empat pintu, moncong pendek, kabih luas nyaman untuk empat orang plus bawaannya. Komponen sistem penggerak, motor listrik, fuel cell stack, battery dan tangki hidrogen dibuat lebih ringkas dan disebar di sekujur mobil untuk mengoptimalkan ruang, kenyamanan dan peforma keseluruhan mobil.

Selaras dengan konsep ramah lingkungan, Honda menggunakan jok kursi dan door lining dari Honda Bio-Fabric yang dibuat dari tumbuhan. Lapisan ini kuat, tidak mudah aus, tidak gampang kusam dan proses pembuatannya hemat emisi CO2. Kelangkapan lain termasuk sistem navigasi terbaik dengan petunjuk lokasi pengisian hidrogen, rear view camera, Adaptive Cruise Control (ACC), Collision Mitigation Brake System (CMBS), sound system berkualitas tinggi, dan koneksi Bluetooth.

Meskipun FCX Clarity -dan mobil fuel cell lainnya- hanya mengemisikan air tapi proses produksi hidrogen, bahan bakar mobil fuel cell justru dituding boros emisi CO2. Menurut Honda emisi CO2 untuk memproduksi hidrogen sangat bervariasi tergantung sumber yang dipakai. Bila dihitung well to wheel (seluruh emisi CO2 yang dihasilkan dari sejak proses produksi bahan bakar hingga di emisikan lewat knalpot mobil), produksi hidrogen dengan bahan baku gas alam, mengemisikan CO2 kurang dari separuh dibandingkan mobil bensin biasa. Metode ini yang paling banyak dipakai saat ini. Emisi CO2 semakin berkurang bila energi listrik dihasilkan lewat sumber-sumber terbaharukan seperti matahari, angin, air dan gelombang.

~ by The Owner on May 22, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: