TAM facelift Yaris

Toyota-Astra Motor memperkenalkan facelift Toyota Yaris sekaligus varian baru yang lebih menarik dari sisi harga. Kombinasi dua jurus itu diharapkan penjualan naik 30% tahun ini dibandingkan tahun lalu yang mencapai dikisaran 9,600 unit.

Toyota Yaris versi facelift tidak banyak mengalami ubahan kecuali grille. Grille ini unik, artinya hanya untuk Yaris di Indonesia dan dirancang oleh Donny Adhiyuwono. Untuk kawasan Asia Tenggara, Indonesia yang pertama melucurkan versi facelift dari kendaraan kompak ini. Bahkan di Thailand, tempat Yaris di produksi, Yaris belum di facelift. Ini tidak terlepas dari peran Indonesia sebagai satu dari dua pasar utama Yaris di kawasan.

Facelift Yaris memang minor, demikian pula di Eropa. Perubahan hanya Perubahan terjadi pada front grille, air intake dengan bentuk baru dan grille lebih kecil dibandingkan yang sekarang. Bagian belakang tetap sama kecuali lampu belakang.

Varian baru yang dihadirkan adalah J grade. Ini jawaban bagi tuntutan pasar yang mengutamakan aspek value for money. J grade tidak dilengkapi ABS, EBD, BA dan Airbags sedangkan fitur primary safety seperti GOA body, seatbelt, rem pakem tetap dipertahankan. Lainnya sama dengan varian E grade diatasnya, termasuk sistem audionya.

“Ini memberikan pilihan lebih luas bagi konsumen, khususnya anak-anak muda yang mengejar aspek value for money,” kata Direktur Marketing TAM, Joko Trisanyoto saat peluncuran varian baru itu, Kamis (13/3).

TAM memilih memangkas fitur-fitur secondary safety untuk mendapatkan selisih harga yang signifikan dibandingkan varian diatasnya. Jika area comfort and convenience yang dipangkas, selisih harganya tidak terlalu besar, demikian penjelasan Joko. Namun tidak berarti TAM mengabaikan faktor safety karena fitur safety yang utama tetap dipertahankan. “Banyak mobil yang tidak pakai ABS, seperti Avanza dan Innova. Tapi kami tetap mempertahankan yang primer seperti konstruksi body yang kuat, seatbelt dan rem yang pakem,” katanya.

Selain itu, TAM terus mengkampanyekan Smart Driving pada konsumen Yaris melalaui kegiatan coaching clinic dan workshop yang menitikberatkan pada cara-cara mengemudi yang aman dan efisien.

Yaris adalah model global yang rancangan awalnya disiapkan untuk pasar Eropa. Diluncurkan pertamakali 1999 di Eropa dan Australia, disusul Amerika Utara (2000) dan Jepang (2001). Yaris kini menjadi salah satu model terpenting Toyota selain Accord dan Camry.

Berbarengan dengan peluncuran Yaris facelift dan J grade itu, TAM juga memulai rangkaian kegiatan promosi Yaris, yaituYaris Show Off 2008. Setelah sukses tahun lalu, kini Yaris Show Off menitikberatkan pada tiga aktifitas, yaitu Modification Contest (Maret-Juni) di Jakarta dan Surabaya dengan total hadiah Rp500 juta. Dua kegiatan lainnya adalah Groovy Inspire Contest dan Groovy Design Contest.

Di Indonesia distribusi Yaris terpusat di Jakarta (60%) dan Surabaya (20%), sisanya tersebar diseluruh Indonesia. Yaris menjadi pesaing terpenting Honda Jazz, jawara dikelasnya. Dengan diluncurkan J grade, konsumen kini memiliki enam pilihan Yaris. Berikut ini daftar harga Yaris on the road Jakarta per Maret 2008.

~ by The Owner on May 22, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: