Volvo XC60

Volvo Cars merilis informasi awal crossover terbaru mereka, Volvo XC60 yang digambarkan sebagai Volvo paling aman dan paling menarik selama ini, Rabu (20/2). Model ini akan ditampilkan pertama kali di pameran mobil Geneva, 4 Maret 2008 dan diluncurkan di Indonesia paruh pertama 2009. Volvo memenuhi janjinya untuk mempertahankan ciri-ciri utama XC60 Concept yang tampil di Detroit lalu.

Internal Volvo bangga dengan lahirnya crossver yang memadukan kekuatan, ketangguhan dan keserbabisaan geenerasi Volvo XC dengan garis-garis disain a la Coupe ini. Diantaranya Steve Mattin, direktur disian perusahaan otomotif Swedia itu. “Mobil ini dialiri dengan banyak bentuk emosional dan lebih banyak energi daripada Volvo lainnya selama ini,” katanya sambil menyebutkan bahwa Volvo memasuk area disain yang samasekali baru melalui XC60

City Safety cerdas

President sekaligus CEO Volvo Cars, Fredrik Arp memastikan XC60 adalah Volvo paling aman sepanjang sejarah. Kelebihan utamaanya adalah hadirnya sejumlah sistem safety cerdas yang mengawal perjalanan XC60. Yang ditonjolkan Volvo adalah fitur City Safety. Ini sistem yang unik, bisa membantu pengemudi menghindari atau mengurangi dampak dari jenis kecelakaan pada kecepatan rendah.yang jamak terjadi di kota. Jadi, jika mobil akan mencium mobil didepannya, sementara pengemudi tidak bereaksi, otomatis mobil mengerem.

“Kami yang pertama yang mengaplikasikan fitur safety seperti ini di dunia. City Safety jelas menunjukkan Volvo XC60 terbaru ini adalah Volvo paling aman yang pernah kami produksi. Pengalaman, pengetahuan dan teknologi safety milik kami selama ini terakumulasi di mobil ini, baik mencegah terjadinya kecelakaan atau melindungi penumpangnya saat terjadi benturan,” papar Fredrik Arp.

Ketika diluncurkan, ada tiga pilihan mesin yaitu T6 turbo 285ps, dua mesin D5 turbodiesel yang menyediakan masing-masing 185hp dan 163hp. Sistem penggerak All-Wheel Drive jadi fitur standar. “Sepanjang 2009 kami akan menawarkan varian front-wheel drive 2.4 liter diesel 163hp yang memenuhi regulasi Euro 5 dengan target emisi CO 170g/km,” kata Fredrik Arp.

Volvo mengincar penjualan XC60 diatas 50,000 unit pertahun di seluruh dunia. Daya serap terbesar diharapkan datang dari USA, Jerman,Inggris, Russia dan China. Volvo memproduksi crossover ini di Ghent, Belgia.

Indonesia tahun depan
Di Indoensia model ini direncanakan dipasarkan paruh pertama 2009, seiring dengan rangkaian peluncuran XC60 dikawasan Asia Tenggara. Hal itu ditegaskan Paulus B. Suranto, Chief Executive Officer PT Central Sole Agency ATPM Volvo di Indonesia. “Kami pasti memasukkan model ini ke Indonesia, hanya kami belum punya data kira-kira yang akan dimasukkan ke sini spesifikasinya seperti apa,” tambahnya.

Orang nomer satu di Volvo Indonesia termasuk kelompok pertama di dunia yang menyaksikan langsung mobil ini ketika di undang dalam acara pre-launch di Swedia. “Setelah melihat mobil itu, kami langsung menyatakan akan memasarkan di Indonesia,” katanya. Dia mengaku kagum dengan tampilan model terbaru itu.

Yang menarik ditunggu adalah apakah fitur City Safety akan ditawarkan di sini. Mungkin otak komputer yang mengendalikan fitur itu akan angkat tangan dengan kondisi lalu lintas Jakarta. Bagaimana tidak, jika jarak antar mobil/sepeda motor hanya hitungan centimeter dalam kondisi bergerak. Kemungkinan besar sistem cerdas itu tidak akan diaplikasikan di sini. Situasi lalulintasnya terlalu bebal buat sistem secerdas itu.

~ by The Owner on May 22, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: