New Honda Accord


Pekan lalu, dari Torrance, California, Honda Motor Co. merilis informasi resmi tentang generasi terbaru Accord Sedan dan Coupe yang akan dipasarkan di USA mulai September mendatang. 2008 Honda Accord di disain lebih besar, lebih bertenaga, lebih efisien dan peningkatan safety. Mesin V6 baru memproduksi tenaga paling besar dalam sejarah Accord.

Tulisan dibawah ini tidak mengulas Accord Coupe yang tidak dipasarkan di Indonesia. Informasi ini juga berdasarkan spesifikasi Accord untuk USA dan memberi gambaran seperti apa nantinya Accord di Indonesia yang spesifikasinya pasti disesuaikan dengan kondisi di Asia Tenggara.

Exterior Accord Sedan tampil dinamis dan atletis dengan nuansa elegan klasik dengan garis-garis disain yang tegas dipadukan lekuk dan ceruk disekujur tubuhnya. Dimensinya lebih besar, yaitu: panjang 194.1 inch lebih panjang 3.0 inch, lebar 72.7 inch atau 1.1 inch lebih lebar dan tingginya 58.1 inch atau 0.9 inch lebih tinggi.

Meskipun dimensi lebih besar, torsional rigidity (berkaitan dengan kelincahan dan handling kendaraan )justru menginkat 20%. Ini manfaat dari lain dari aplikasi kontruksi body canggih dimana 48%diantaranya adalah high-tensile steel – yang paling banyak yang pernah dipakai Accord produksi massal. Keuntungan lain, adalah bobot kendaraan hanya naik 5% meskipun ukuran lebih besar, lebih kaku dan fitur bertambah.

interior premium

Honda membangun interior Accord dengan kualitas premium, dengan disain simpel, modern dan lega. Accord Sedan memiliki volume interior 120 cubic feet atau 3.3 cubic feet lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya dan itu menyebabkan Accord bergeser dari klas mid-size sedan ke large sedan berdasarkan klasifikasi EPA (Environmental Protection Agency) USA. Tambahan itu untuk memberi kenyaman setara antar penumpang kursi depan dan belakang. Interior yang lebih lebar memungkinkan center console lebih lebar, yang sering di asosiasikan dengan mobil-mobil mewah.

Honda mendisain interior Accord agar tampil dinamis, intuitiuf dan berkelas tinggi. Mulai dari display informasi yang mudah dibaca, yang membagi intrumen yang berkaitan dengan operasional kendaraan dibagian atas dan informasi di bagian bawah. Dimalam hari, kontrol-kontrol itu semakin jelas terpisah melalui warna yang membedakan antara climate control (aqua green) dan audio control (putih). Speedomenter dan tachometer bergaya klasik bulat. Kontrol audio di roda kemudi jadi standar.

Redisain kursi depan menjadikannya lebih besar dan dilengkapi dengan lateral support. Kursi belakang bisa dilipat untuk menambah ruang kargo.

Tiga pilihan audio system bisa dipilih konsumen, semuanya dengan MP3/Windows Media® Audio (WMA) dan auxiliary input jack. Sistem standar dilengkapi dengan enam spekaer 160 watt, dan CD-player keping tunggal, plus Radio Data System. Pilihan lainnya, sama seperti spesifikasi diatas dengan tambahan 6-disc in-dash charger. Yang paling atas adalah 6-disc CD charger, 270 watt dan 7 speaker termasuk subwoofer 8 inch.

Accord menggunakan double-wishbone untuk suspensi depan dan multi-link rear suspension untuk belakang. Arsitektur suspensi ini dirancang memberikan handling terbaik. Wheelbase Accord Sedan kini 110.2 inch naik 2.3 inch dibandingkan versi sebelumnya. Accord juga memiliki roda lebih lebar, ABS dan Vehicle Stability Assist.

Honda mengklaim menawarkan level lebih tinggi untuk perlindungan pada penumpangnya juga pejalan kaki. Struktur body Advanced Compatibility Engineering (ACE) yang membuatnya lebih tahan tabrakan frontal dari kendaraan yang berbeda ukuran dan ketinggian bumper. Ini jadi jawaban terhadap kekhawatiran banyak orang memilih sedan, yang dianggap menjadi korban terparah bila bertabrakan dengan SUV. Fitur safety lainnya adalah Vehicle Stability Assist (VSA) yang membuat mobil lebih stabil dan terkendali, side-curtain airbags, dual-chamber front side airbags dimana untuk posisi penumpang dilengkapi Occupant Position Detection System (OPDS) untuk me-nonaktifkan airbag jika perlu, active front seat head restraint, ABS dan lainnya.

Di USA, Accord hadir dengan tiga pilihan mesin yaitu dua jenis mesin 2.4 liter empat silinder i-VTEC dan mesin 3.5 liter V6. Mesin 2.4 liter hadir dengan produksi tenaga 177hp/6,500rpm dan 218Nm/4,300rpm atau 7hp lebih besar dari pendahulunya. Pilihan kedua adalah 2.4 liter dengan 190hp/7000rpm, torsi 220Nm/4400rpm. Perbedaan ini berkat program ECU berbeda dan penggunakan high-flow muffler dengan variable valve silencer.

Mesin V6 naik dari 3.0 liter pada versi sebelumnya menjadi 3.5 liter yang memproduksi 268 liter/6,200rpm dan torsi 336Nm/5000rpm. Mesin SOHC V6 ini dilengkapi dengan Variable Cylinder Management yang memungkinkan mesin beroperasi hanya dengan tiga, empat silinder saja untuk efisiensi bahan bakar. Jika membutuhkan peforma, seluruh silinder bekerja. Hasilnya Accord mendapat rating EPA 19/29 mpg. Selain emisinya sudah mednapat pengakuan Partial Zero Emissions Vehicle (PZEV). Pilihan transmisinya 5MT, 5AT dan 6MT

~ by The Owner on May 23, 2008.

One Response to “New Honda Accord”

  1. mane nak cari skafikasi engin kereta honda city 1.5 ???
    formula tuk care mengiraan kete???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: