sport car Toyota

Tak pelak lagi, Toyota saat ini benar-benar miskin sport car. Tapi itu tak akan lama. Akhir decade ini, dunia akan menyaksikan peluncuran model-model baru sport car Toyota.

Dibawah ini adalah beberapa sport car Toyota, baik dengan brand Toyota maupun Lexus yang akan hadir. Beberapa masih dalam tataran konsep, dan lainnya siap masuk jalur produksi.

Lexus GT-F: bukan nama yang sering didengar, padahal mobilnya jadi buah bibir maniak otomotif dunia. Maklum GT-F adalah nama yang disiapkan untuk versi produksi dari konsep sport car Lexus LF-A. Mobil konsep ini sudah malang melintang di sejumlah pameran otomotif prestius dunia dalam tiga tahun terakhir. Terakhir kali, Toyota menampilkan versi roadster dari Lexus LF-A ini di pameran mobil Detroit 2008. Model ini sudah menyelesaikan uji jalan raya dan siap-siap masuk jalur produksi.

Mesin yang dipakai berkapasitas 5.0 liter V10 dengan produksi daya maksimal 500hp. Kecepatan puncaknya diprediksi 320km/jam. Sistem penggerak roda belakang dengan posisi mesin di tengah belakang yang menjamin distribusi beban optimal.

Lexus GS-F: Setelah IS-F, inilah keluarga baru Seri F. Sedan mewah Lexus GS, ditingkatan performance-nya menjadi sport sedan dengan mesin V10 500hp seperti yang dipakai Lexus GT-F. Ketika model ini diluncurkan kelak, konstelasi di ranah sport sedan yang kindi dominasi BMW M5, Audi RS6 dan Mercedes-Benz E63 AMG tidak akan sama lagi.

Merunut skedul yang disiapkan, Lexus GS-F akan diperkenalkan ke public tahun 2010 dengan harga dikisaran $70 ribu – $80 ribu.

Toyota Supra: Inilah sport car klasik Toyota yang terus dirindukan. Sejak dihentikan produksinya di awal decade ini, bisikan rindu fans Supra terus mendengung di pusat-pusat pengambil keputusan Toyota. Tahun 2009 Toyota Supra baru diharapkan sudah menyapa penggemarnya. Disainnya berbasis mobil konsep Toyota FT-HS. Tampil lebih lembut, tidak seoffensif versi konsepnya. Toyota Mesin yang dipakai ada dua pilihan yaitu V10 500hp seperti pada GT-F dan 4.5 liter hybrid. Apapun pilihannya, dibandingkan mesin lama yang 280hp, ini lompatan besar.

Toyota Celica: Lahirnya generasi ke delapan sport car popular ini tinggal menunggu hari. Celica yang akan dating ini merupakan salah satu buah kerjasama Toyota dan Subaru. Disain ekterior terinspirasi Toyota FT-HS. Mesin yang ditawarkan mulai dari 1.5 liter 2NZ-FE dan 2.0 liter eks Subaru.

Celica hadir dengan varian GT dan GT4. yang pertama menggunakan mesin 2.0 liter dan penggerak roda belakang, sedangkan GT4 menggunakan mesin racikan STi 2.0 liter 300hp dengan penggerak empat roda. Bodystylenya coupe dan hatch tiga pintu. Tidak ada hatch lima pintu, karena akan tabrakan dengan Subaru. Toyota mempertimbangkan untuk memproduksi model ini di pabrik Subaru. Yang masih jadi pertanyaan, apakah model ini dipasarkan di Jepang saja atau go global.

~ by The Owner on June 11, 2008.

One Response to “sport car Toyota”

  1. modelnya yang terbaru,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: