Cek kondisi body mobil bekas

Cek body memang butuh ilmu tersendiri. Menemukan bekas kerusakan tidaklah mudah. Ditangan ahli-nya, kerusakan separah apapun dapat diperbaiki hingga mulus kembali. Lihat gambar 1 dan 2. Anda tidak akan menyangka itu adalah mobil yang sama, sebelum dan setelah mendapat perawatan body.

Di bawah ini ada tip sederhana yang dapat digunakan untuk mengecek kondisi body. Semoga bermanfaat.

1. Perhatikan garis body. Garis body seharusnya lurus. Mercedes ini belum pernah mengalami kecelakaan. Lihat pantulan mobil putih, terlihat sempurna, bukan. (gb 3). Nah, pakailah cara ini untuk memeriksa seluruh bagian mobil. Kalau kebetulan mobil kotor, mintalah pemiliknya untuk mencucinya. Jangan sungkan, karena anda tidak akan mendapatkan apa-apa dari body yang kotor.

2. Sekarang perhatikan gambar 4. Pantulan di buritan tampak bergelombang. Ini bisa dijadikan tanda bahwa bagian ini pernah rusak dan diperbaiki.

3. Periksa celah antara fender, pintu, bagasi dan kap mesin. Seharusnya kerenggangan sepanjang celah sama. Bila celah bagian atas lebih lebar dari celah bagian bawah atau sebaliknya (gb5), ini bisa di indikasikan mobil pernah tertubruk di bagian itu. Perhatian ekstra harus diberikan saat memeriksa celah antara kap mesin dan fender, juga antara pintu dan fender karena daerah ini rawan benturan.

4. Carilah batas antara cat baru dan lama. Periksalah seluruh bagian dengan teliti. Apalagi bila tukang catnya mahir, dia bisa membuat batas itu nyaris tidak tampak. Jadi jangan terburu nafsu, teliti kembali seluruh bagian.

5. Ini adalah tanda lain yang bisa ditemukan, sisa pernis yang biasanya terjadi bila proses penghalusan dengan kertas gosok tidak dilakukan dengan sempurna. (gb6)

6. Periksa bagian belakang pintu, bawah kap mesin dan bagasi. Gb. 7 menunjukkan bekas cat baru yang tertinggal di selang karet di balik pintu. Coba carilah tanda seperti ini ditempat lain.

7. Sebenarnya, menyamakan cat baru dengan cat lama sangatlah sulit. Jadi cobalah untuk meneliti lebih seksama body mobil. Cobalah dari jarak dan sudut yang berbeda. Karena pada jarak tertentu atau sudut tertentu, perbedaan cat baru dan lama lebih jelas tampak (gb8). Bila anda mencurigai tempat itu adalah batas cat baru dan lama, cobalah untuk merasakan dengan ujung jari atau telapak tangan. Seharusnya cat benar-benar mulus. Bila tidak, berarti pernah di cat ulang.

8. Periksa karat. Inilah tempat dimana karat biasanya bersarang (gb 9 – 10). Selain itu cobalah untuk memeriksa di bawah karpet, bagasi. Kalau perlu, cobalah menggunakan magnet. Bila ternyata magnet susah lengket, bisa diduga lapisan filler dibawah cat cukup tebal. Ada kemungkinan bagian itu pernah diperbaiki.

9. Periksa kerangka mobil (gb 11). Kerangka mobil merupakan bagian yang menopang seluruh kendaraan. Periksalah seluruh bagian, jangan sampai ada bekas kerusakan apapun, seperti bekas las, retak dsb.

10. Cek apakah mobil ini pernah terendam air. Periksa bawah karpet. Bila lembab atau peleg dan bagian logam lain berkarat parah, bisa diduga mobil ini pernah tenggelam.

~ by The Owner on June 23, 2008.

3 Responses to “Cek kondisi body mobil bekas”

  1. Sekedar info aja, kalo mau beli mobil bekas atau iklanin mobil bekas tanpa biaya, coba deh http://www.jual-beli-mobil-bekas.com

  2. lo;l;kl

  3. nice info, nice blogs, thank.salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: