Kiat membeli mobil di saat krisis

Tekanan ekonomi plus kantong tipis bukan halangan untuk beli mobil. Justru ketika produsen otomotif berlomba-lomba memberi diskon, dealer berjuang mengurangi stok, konsumen mendapat peluang membeli mobil dengan harga menarik. Tentu saja ada kiat dan langkah yang harus diambil, termasuk mempertajam kemampuan tawar-menawar dan rajin keliling showroom (atau rajin surfing di mobilku.com). Ini dia kiat-kiat-nya:

* Biasakan untuk memasuki lebih banyak dealer dan luangkan waktu lebih banyak untuk menilai model dan merek alternatif. Kebanyakan konsumen, hanya mendatangi satu atau dua dealer dan enggan berpikir pelik tentang alternatif lain. Konsumen cenderung datang ke dealer yang sama berulang-ulang. Padahal dealer lain mungkin memberikan penawaran lebih menarik. Siapa tahu?

* Bekali diri dengan informasi aktual tentang mobil pilihan dan dapatkan pula detail harga. Hal ini bisa didapat dengan mudah dari internet. Manfaatkan semaksimal mungkin informasi yang ada untuk mendapatkan yang terbaik dari uang yang anda bayarkan.

* Seringkali konsumen terpikat dengan diskon ataupun tawaran kredit bunga rendah. Akhirnya lupa diri dan tidak peduli apakah mobil yang dibelinya cocok untuknya atau keluarga. Lengah memeriksa apakah daya tahannya teruji dan apakah performa safety-nya baik.

* Bila sudah mendapatkan mobil yang paling pas, kini saatnnya berburu harga terbaik. Datangi sedikitnya empat dealer untuk membandingkan harga terbaik yang mereka tawarkan. Tunjukkan kesungguhan anda untuk membeli dan mintalah mereka memberikan penawaran terbaiknya. Siapkan mental anda untuk melepaskan tawaran yang baik, bila anda yakin masih ada peluang tawaran lebih baik lagi.

* Bila memilih membeli mobil lewat kredit, jangan terpatok pada cicilan bulanan saja. Hitung juga faktor-faktor lain termasuk total uang yang harus kita keluarkan untuk menebus mobil itu. Hati-hati pula dengan diskon. Diskon sering dijadikan alasan dealer untuk mendapatkan uang lebih banyak dari anda. Padahal diskon itu diberikan oleh pembuat mobil. Jadi apa salahnya anda berjuang untuk mendapatkan harga terbaik plus diskon.

* Memang sangat menggoda bila kita menambah uang sedikit, kita bisa mendapatkan mobil yang lebih besar. Padahal mobil lebih besar, artinya biaya operasional lebih besar dan pajak lebih besar. Mengapa tidak melirik mobil lebih kecil. Saat ini mobil-mobil kecil menawarkan ruang selega mobil sekelas diatasnya dengan model yang menarik. Kemampuan mesin juga meningkat pesat dengan konsumsi bahan bakar lebih irit. Fitur-fitur yang ditawarkan juga tidak kalah menggoda.

~ by The Owner on June 23, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: