Mazda2 tiga pintu

Untuk pertamakalinya Mazda2 memiliki wakil untuk bersaing di kelompok hatchback tiga pintu. Dengan mengusung semua atribut yang dimiliki versi hatchback lima pintu, versi tiga pintu bahkan lebih sporti dan lebih terjangkau. Mazda akan memamerkannya untuk pertamakali di dunia pada pameran otomotif Geneva International Motor Show ke 78 yang berlangsung 4- 16 Maret 2008.

Hatchback baru Mazda2 tiga pintu ini disiapkan untuk memikat konsumen baru sebagai bagian dari upaya menyokong pertumbuhan Mazda lebih jauh di pasar otomotif Eropa. Hadir dengan mesin bensin MZR 1.3 liter (85hp) dan 1.5 liter (105hp) yang responsif dan begitu hidup. Juga MZ-CD 1.4 liter commonr-rail turbo diesel (67hp). Ketiga mesin ini juga diaplikasikan di versi lima pintu. Mesin-mesin ini memiliki keunggulan efisiensi bahan bakar tinggi sekaligus emisi CO2 yang rendah.

Platform yang dipakai Mazda2 juga dipakai versi produksi sedan kompak Ford yang kini masih dalam fase konsep yaitu Verve concept car.

Tipe hatchback tiga pintu ini menjadi varian ketiga setelah versi hatchback lima pintu dan sedan empat pintu. Diluncurkan bulan September 2007 sebagai generasi baru Zoom-Zoom pertama yang naik ke level selanjutnya, Mazda2 hatchback lima pintu segera menyapa konsumennya di Eropa. Versi sedan empat pintu diperkenalkan di di Guangzhou International Automobile Exhibition, Senin (19/11).China menjadi negara pertama di dunia yang menyaksikan versi sedan empat pintu dari Mazda2 yang di Jepang dikenal juga sebagai Mazda Demio.

Bula Desember 2007 Mazda2 mendapat penghargaan bintang lima (terbaik) untuk perlindungan penumpang dewasa Euro NCAP (New Car Assessment Program) setelah melakukan uji tabrak. Saat itu Mazda2 juga sudah menerima lebih dari 20 penghargaan di bidang otomotif. termasuk penghargaan Car of the Year di Austria, Belgia, Bulgaria, Kroasia, Denmark, Yunani dan Selandia Baru. Juga RJC Car of the Year di Jepang.

Redisain body dan sasis, Mazda2 hampir 100kg lebih ringan dibandingkan generasi sebelumnya, yaitu dibawah 1000kg. Hasil ini seperti kutub lain dari kebanyakan mobil yang justru bertambah berat dan besar dari satu generasi ke generasi selanjutnya.

Dalam pameran akbar itu, Mazda juga akan memperkenalkan tiga model baru yang akan debut di Eropa, yaitu Mazda Taiki concept car, yang dilengkapi dengan mesin rotary masa depan. Juga Mazda5 Hydrogen RE Hybrid dan sport Mazda RX8 bermesin rotary versi facelift.

~ by The Owner on June 23, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: