Menjual mobil anda dengan harga terbaik

Bila anda menjual mobil, atau ingin tukar tambah, tip dibawah ini akan membantu anda mendapatkan harga terbaik.

Persiapkan mobil anda.

Kunci mendapatkan harga yang baik adalah menciptakan kesan mobil anda terawat baik di benak pembeli. Begitu pembeli terkesan, maka kekurangan yang ada di mobil, bisa terabaikan. Lebih-lebih bila larinya mulus dan penampilan menarik.

Maka rapikan seluruh mobil hingga bagian terkecil. Kalau perlu keluarkan beberapa puluh ribu rupiah untuk mempercantik penampilan mobil anda.

Mobil harus di cuci. Terserah di halaman rumah atau di salon mobil. Jangan abaikan bagasi dan panel-panel di bawah kap mesin. Poles body agar mengkilap. Gunakan pengkilap chrome untuk menghilangkan karat dan bercak-bercak dari trim, bumper, grill, dan tutup peleg.

Semir ban hingga tampak baru kembali. Atur kembali pedal rem agar tidak tenggelam. Bersihkan mesin dengan larutan pembersih. Kalau mesin sangat kotor, bisa dicuci dengan cara di steam (diuap). Ganti oli dan filter. Cek level radiator coolant, brake fluid dan cairan lain, tambah bila kurang.

Giliran bagasi di vacum dan dicuci bersih. Ganti alas bagasi yang rusak, harganya tidak mahal. Interior harus di bersihkan. Vacuum dan cuci semua pelapis. Bersihkan pula kotoran yang menempel di kursi. Kalau perlu beli cover seat untuk mempercantik kursi.

Kaca retak memberi kesan jelek. Padahal harganya tidak terlalu mahal bila memanfaatkan kaca yang bisa diperoleh di pasar loak. Selain kaca, pasar loak bisa menyediakan onderdil lain yang diperlukan dengan harga yang murah. Asal anda pandai menawar.

Usahakan untuk mengganti onderdil dan perlengkapan yang rusak. Terutama yang harganya tidak mahal. Kalau ada cacat yang tidak sempat diperbaiki, yakinkan pembeli bahwa harga yang ditawarkan sudah dipotong ongkos perbaikan.

Membuat iklan.

Rahasia mengiklankan mobil melalui iklan baris di koran adalah dengan menggunakan lebih banyak baris, agar lebih leluasa menyampaikan pesan kepada pembeli, dan bukan sekedar pengumuman jual mobil. Selain itu, iklan anda akan lebih mencolok daripada yang lain.

Diskripsikan mobil anda termasuk warna, interior dan eksteriornya. Ciptakan ungkapan kreatif yang berbeda dengan iklan baris lain agar menarik. Misalnya ungkapan “dirawat sangat teliti”.

Semakin detail iklan anda, semakin banyak perhatian akan diberikan. Cantumkan sistem transmisi yang digunakan atau bila kapasitas mesin kecil, tonjolkan efisiensi bahan bakarnya .

Jika anda pemilik pertama mobil, cantumkan di iklan. Itu akan menambah nilai mobil. Cantumkan pula option yang ada. Jangan sembarangan mencantumkan perbaikan atau modifikasi yang pernah dilakukan. Misalnya anda mencantumkan telah mengganti sistem tranmisi, pembaca iklan anda akan bertanya-tanya mengapa mobil yang relatif baru sudah mengganti sistem transmisinya. Dalam benak pembaca timbul kecurigaan jangan-jangan mobil ini digunakan dengan kasar. Sebaliknya, bila mobil yang akan dijual mobil lama, penggantian sistem transmisi justru memberi nilai tambah.

Jika mesin atau sistem tranmisi mobil baru anda diganti, katakan saja dengan kalimat ”mesin dan transmisi dalam kondisi puncak”. Kalimat semacam itu lebih aman dan tidak membohongi calon pembeli.

Dimana pasang iklan?

Gunakan iklan baris di koran atau di situs-situs mobil yang makin banyak di internet.

Tip menjual

Bila merencanakan menjual mobil sendiri, pastikan anda mengetahui harga pasar. Caranya, cek lewat dealer atau memperhatikan harga yang ditawarkan di iklan baris. Menayakan kepada dealer yang menjual mobil serupa. Pada akhirnya anda akan mendapatkan gambaran harga yang sesuai untuk mobil anda.

Ketika melakukan tawar menawar, bukalah dengan harga sedikit lebih tinggi dari yang anda harapkan, agar ada ruang untuk menurunkan harga. Bila perlu sedikit tambahkan bonus seperti asesoris.

Temanilah bila pembeli hendak melakukan test drive karena banyak kasus pencurian mobil terjadi dengan modus ini.

Bila sepakat, mintalah pembayaran dalam bentuk cash atau cek kontan. Bila tidak, anda bisa menahan mobil untuk beberapa hari dengan deposit yang cukup. Jalankan seluruh proses transaksi pada level bisnis.

~ by The Owner on June 23, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: